Tips aman memblokir WhatsApp di smartphone Android

Halo Urban People, berbicara tentang WhatsApp tidak akan pernah ada habisnya. Selain itu, aplikasi chatting terpopuler ini kini memiliki beragam fitur menarik yang bisa dinikmati penggunanya. Tak heran kepopuleran aplikasi ini bisa langsung menggeser SMS dan mengalahkan aplikasi chatting lainnya.

Namun, bagi Anda yang sudah lama menggunakan WhatsApp, tahukah Anda bagaimana cara membackup WhatsApp?

Nah, kenapa WhatsApp perlu dibackup lagi? Dia mengatakan WhatsApp sudah memiliki enkripsi ujung ke ujung yang dapat mengunci pesan dan tidak membagikannya kepada orang lain?

Ya, memang benar, WhatsApp sebenarnya menawarkan keamanan bawaan dan dapat menjamin bahwa pesan Anda tidak akan dibagikan kepada pihak ketiga (peretas). Tapi entahlah, atau jika Anda ceroboh, Anda hanya meninggalkan smartphone Anda di suatu tempat. Lalu ada teman atau saudara yang malas membuka smartphone dan melihat pesan Anda di WhatsApp. Tentu saja WhatsApp bersifat pribadi dan rahasia.

Mungkin Anda sudah tahu cara mengamankan WhatsApp dengan kata sandi atau PIN selama ini. Namun, ada cara lain yang lebih aman, seperti sidik jari dan lainnya. Tentu saja, cara lain ini jauh lebih aman.

Cara Penggunaan
Kunci WhatsApp dengan sidik jari

Fingerprint merupakan sistem keamanan yang paling populer di sistem smartphone saat ini. Selain sidik jari yang lebih mudah ditangani, cara ini juga dikatakan paling aman. Bukan tanpa alasan mengingat sidik jari atau sidik jari manusia pasti berbeda. Oleh karena itu, tidak mungkin bagi orang lain untuk meretas sistem keamanan ini.

Jadi langkah pertama download dulu lalu install aplikasi smartphone bernama “AppLock – Fingerprint”. Anda dapat mengunduh aplikasi secara gratis dari Play Store.

Buka aplikasi dan buat “PIN utama”. Fungsi PIN master ini hanya jika Anda tidak dapat menggunakan sidik jari Anda nanti. Jika sudah, klik Yes pada kolom pertanyaan yang muncul.

Klik tanda “+” di bawah. Kemudian cari aplikasi “WhatsApp”. Klik lagi tanda “+” di bawah.

Keuntungan menggunakan aplikasi adalah Anda dapat memblokir lebih dari satu aplikasi. Caranya, Anda tinggal mengulangi cara sebelumnya.

Selanjutnya akan muncul notifikasi dan kamu tinggal klik “Ok”. Kemudian Anda akan diarahkan ke “Gunakan Akses”. Cari AppLock – Aplikasi sidik jari. Klik “Aktif” untuk mengaktifkannya. Sudah selesai dilakukan dengan baik. Aplikasi Anda sekarang terkunci dengan aman.
Blokir WhatsApp menggunakan pengenalan wajah

Metode tercanggih kedua adalah dengan menggunakan pengenalan wajah. Tentu saja ya, wajah orang ini berbeda. Jika kita berpikir secara logis, tidak mungkin orang ingin meretas smartphone Anda dan mereka harus menjalani operasi kosmetik terlebih dahulu. Sama sekali tidak mungkin bukan? Tetapi jika Anda memiliki kembar identik, menggunakan cara ini bisa berbahaya.

Jadi langkah pertama download dan install aplikasi AppLock Face/Voice Recognition. Anda juga bisa mendownload aplikasi ini secara gratis di Play Store.

Sumber :

Rate this post